Saya tidak bilang bahwa kulit saya halus mulus licin mengkilat, tetapi saya terus menjaga kelembaban kulit wajah ini. Pernah gak sih Sista liat wajah orang yang kulitnya sudah kering dan colagennya hilang, kekenyalannya hampir tidak ada? Foundation dan bedak gak bisa nempel lagi, kalau dandan udah kayak topeng atau masker. Itu zeng boleh terjadi pada kita dan kudu dihindari sejak dini. Apalagi para sistah yang sering keluar naik motor, kena sinar matahari, penting banget untuk membersihkan dan menjaga wajah agar tidak rusak.

1. Sejak remaja, saya menggunakan pembersih Nivea yang sangat murah, dari harga 2000 sampai sekarang naik udah sekitar 20 ribuan sekian. Masih terbilang murah senjata susu pembersih yang mengangkat kotoran yang tidak bisa diangkat hanya sekedar oleh sabun cuci muka ini. Kalau sabun muka membersihkannya hanya kotoran permukaan saja, tetapi cleansing milk bisa mengangkat yang ngantong di dalam pori-pori walaupun gak bisa seluruhnya sampai yang ke dalam. (Untuk itu, saya punya senjata lain yang akan saya keluarkan pada sesi berikutnya).

Saya sendiri memakai cleansing ini sampai 2x berturut-turut – maksudnya sekali dibilas, lalu diulangi lagi sesudahnya. Itu pun masih ada kotoran yang menempel.

2. Berikutnya, setelah tahap pertama pembersihan, itu saya masih menggunakan Facial Wash Glutathion (sabun pembersih) untuk memastikan kebersihannya. Apalagi kalau saya pakai full make up untuk panggung atau sesi foto, saya akan memastikan bahwa tidak ada sisa foundation yang menempel semalaman sehingga menimbulkan flek yang menumpuk jika tidak dibersihkan total setiap hari.
*Ini harganya saya tidak tahu karena merupakan pemberian.

3. Si hijau Garnier Microbead Scrub itu saya pakai seminggu sekali, scrub berat/kasar biji2nya untuk mengangkat kulit mati. Sepertinya dari dulu produk ini belum masuk di negeri tercinta, saya membelinya dari Amerika.
*Ini harganya tidak mahal, tetapi saya sudah tidak ingat.

4. Produk yang bernama “2 Minutes Miracle Gel” ini saya meliriknya di etalase MLM seorang wanita cantik (yang sekarang sudah menjadi murid) di Bern Ibukota Swiss pada waktu dia mengundang tim KCC makan siang setelah kami berfoto di tepi sungai dan pegunungan Alpen yang menawan. Saya menanyakan untuk apakah gel tersebut, dan dia menjawab persis seperti kebutuhan wajah saya: Untuk menghilangkan flek dan mengecilkan pori-pori! Saya membeli 2 darinya dengan harga @ EU50/pc. Setiap pagi saya memakainya, dan agaknya flek saya menipis, walaupun belum sepenuhnya hilang. (Dari 2 yang dimulai pemakaiannya sejak Januari, masih ada sisa 1/2 container sampai bulan Agustus. Jadi kemungkinannya 1 tahun 2 container. That should be enough to excavate the pigmentation).
*Tentunya saya harus memberikan complimentaries kepada senjata flek lainnya yang selama ini dengan setia saya mencarinya dan mencoba-cobanya selama 9 tahun setelah mengetahui bahwa wajah saya dihinggapi warna berbeda yang tidak saya welcome sama sekali.

maqchoice_skincare

Baiklah Sistah, inilah senjata perlengkapan wajah saya yang selama ini membantu saya. Saya tidak mengatakan bahwa produk ini bekerja dengan cara yang sama di setiap wajah, karena saya juga sangat bersyukur kulit saya tidak rewel dengan hampir semua produk. Kecuali pori-pori saya membesar sejak masa muda karena jerawatan dan kena banyak matahari dan kotoran naik sepeda ontel dan motor tanpa helm yang menutup/penutup mulut.