The must-bring on the trip

||The must-bring on the trip

The must-bring on the trip

Selama perjalanan 1 bulan lebih ke Eropa dan Afrika Selatan, saya mendapati beberapa hal yang harus dibawa selama perjalanan, and thank God I brought them all!

Ini dia hal penting selain Roh Kudus dan Alkitab di hape Anda: Antangin, Listerine, Voltaren, Permen Fisherman, Chocolate, Ester C, Charger hp, Colokan Internasional, CC, cash or $$.

Saya akan jelaskan kenapa hal-hal tersebut penting.

ANTANGIN: Saat Anda lari-lari, atau di gereja 6-10 jam seperti saya dan gak siap apapun, jika kembung melanda, barang ini sangat menolong menekan kekembungan untuk sementara. Pastilah Anda mengalami banyak sekali kerja yang gak bisa ditinggal, jalanan macet, di situlah barang ini perlu (apalagi disertai dengan air hangat… nyess)

PERMEN DAN COKLAT: Permen Fisherman untuk nafas Anda dan sebelah Anda yang mengeluarkan nafas amis tertentu, ini sangat menolong agar kedua belah pihak tidak sempoyongan mabuk darat. Coklat sangat penting juga untuk menahan lapar, jika di dekat Anda tidak ada warung, atau dalam perjalanan yang tidak memungkinkan ngunyah makanan berat, atau di gereja yang tidak boleh mengeluarkan makanan beraroma daging-dagingan atau popmie, coklat akan sangat menolong. Buat yang kecanduan coklat (yes, that’s right, kecanduan! Ini tidak dianjurkan untuk nyandu, hanya untuk persiapan kelaparan saja). Saya belajar ini dari Participant kami di Malang, Bro Tonny Gharata, waktu bersamanya dalam perjalanan, supirnya salah ambil jalur, harusnya ke restoran rekomendasi, tapi kami muter ke beda desa demi desa entah berantah, sampai malam dan kelaparan, padahal kami kompi dua grup mobil, nah… dia mengeluarkan jurus coklat ini, coklat batangan merk MONGGO, sangat mujarab. Thanks, dear Brother.

VOLTAREN: Bagi saya ini barang penting banget, karena beberapa kali angkat koper di atas 23 kg, di sebelahnya bawa yang 7 kg, masih bag pack 5 kg. Nah, malamnya sebelum tidur dioles Voltaren, besoknya baik tangan maupun pundak lutut kaki tidak rasa bengkok-bengkok.

Ester C: Booster sehat ini sangat menolong saat Anda kelelahan berat, beberapa hari jalan, seminar, doa naik bukit, shopping, dll – 2-3x sehari saat ekstrim kerja keras, gak masalah.

LISTERINE: Kecapaian kadang sariawan breaks out di mulut, kumur listerine 2-3x (paling tidak bangun pagi dan sebelum tidur), akan mematikan kuman dan menutup rongga kecil yang siap nganga ituh!

CHARGER HAPE: Ugh… saat di luar negeri dan gak ada orang yang kenal, gak bawa charger atau powerbank sangatlah dagdigdug. Gimana kalau hape mati dan saya gak tau arah? Gimana kalo gak bisa panggil Uber? Gimana kalo gak bisa baca email alamat hotel? Apalagi jika chargernya beda dengan hape semua orang? Ini sangat bahaya! Jika gak bawa power bank, paling tidak bawa charger, jadi bisa dicolok di mana-mana.

COLOKAN INTERNASIONAL: Colokan di beberapa negara berbeda dengan di negeri kita, sehingga sebelum mengadakan travelling Internasional, pelajari dulu model colokan seperti apakah yang dibutuhkan. Ini super penting, sebab tidak semua hotel menyediakan plugger untuk tamu-tamunya, dan tidak selalu di sebelah hotel ada toko atau warung colokan seperti di kampungmu. Biar juga bawa charger hape, kalo plug-nya beda, beneran serius gak bisa ngangkat batere yang abis-bis.

CASH atau $$: Sedikit cash dalam perjalanan akan sangat menolong. Jangan pergi hanya dengan Credit Card, sebab kadang CC tidak bisa dipakai di tempat-tempat tertentu. Lalu DOLAR, ini bisa ditukar di mana-mana. Rand atau Dinar belum tentu diterima di beberapa tempat, apalagi Rupiah. Auch!

Masih banyak tentunya yang harus dibawa dalam perjalanan, seperti tisu basah, celana pakai-buang, payung, syall, jaket, popmie – tapi itu mudah didapat dan tidak begitu perlu seperti hal di atas itu, menurut saya. Kita gak bisa bawa semua di 1 tas, tapi yang kecil-kecil penting seperti di atas buat saya THE-MUST-BRINGERS.

 

Hope ini menolong Saudara yang suka bepergian jauh.

From the experience of my Europe and South Africa trips.

Maq

XoXo

By | 2018-11-27T17:40:18+07:00 November 15th, 2018|Maq's Choice|0 Comments

Leave A Comment

3 × five =