Waktu saya di Korea umur-umur 20-an saya sudah concern about my weight. Jadi saya jarang makan, saya berani pantang makanan yang enak-enak demi menjaga bodi saya, can you believe that! Tentunya ada akibat-akibat dari hal ini:

  • Saya selalu ditanya temen-temen saya kok gak pernah keliatan di acara breakfast.
  • Karena makan saya di siang dan malam hari terlalu sedikit, akibatnya saya sulit BAB. Kalau BAB lama, sakit dan tidak wajar. Ke dokter dikasih obat, tetap saja ga bisa wajar, kuncinya kudu makan, titik!

Memang seharusnya tidak boleh demikian, saya harus tetap mengatur pola maka dengan benar dan seimbang. Muda, naif, tidak berpengertian, itulah saya dulu. Saya tidak memikirkan 20-30 tahun ke depan, itu tidak baik untuk organ-organ saya yang dipaksakan dan berfungsi dengan tidak wajar. Makin ke sini (berumur maksudnya), saya makin belajar keseimbangan. Kalau soal keseimbangan gerak dan doa sudah dijalani, sebab di Korea tempatnya naik-turun, berbukit-bukit dan ranjangnya juga naik ke atas, ranjang susun…hehe. Selain itu banyak jalannya dan keringatan dan kedinginan dan banyak belajar. Jadi itu sendiri sudah menolong fisik, tapi soal BAB ke sininya saya mulai atur dengan baik.

Menurut pakar dari Cina, veses sehat dan baik yang keluar dari BAB seharusnya bentuknya seperti pisang Ambon dan berbau vanilla. Hmm…I don’t know about that, I don’t like to look ‘down’ there since I was SMA, tapi khan pokoknya berasa tho kalau keluarnya macam pisang atau duku…hehe, maaf ya. Karena acara kita acara kesehatan, biarlah saya eksplor bahasa saya dengan jenis buah-buahan saja supaya tidak mengganggu Sdr-Sdr Pembaca kekasih yang setia.

Pokoknya anu yang sehat itu jatuhnya mulus, seperti pisang dan tidak berkerak-kerak di tengah jalan rupa lontong sayur yang sudah dipotong-potong. Itu tentunya harus banyak minum juga, harus makan sayur dan buah yang banyak serat, baru bisa jatuh rupa pisang matang dari pohonnya. Nah, kenapa ini bicara mengenai kesehatan bisa masuk ke perpisangan, marilah kita kembali fokus pada inti poin kita. Walaupun itu tadi juga bagus untuk menambah wawasan yang belum berpengertian. Oh by the way, untuk sampai beraroma vanilla, entahlah, saya masih belum bisa menalar dengan wajar sampai di strategi ahli dari Cina tersebut. Saya pikir kalau sampai bau vanilla pasti dikerubuti semut dan macam-macam serangga. Anyway, sejak saya baca dan mengikuti prosedur, masih juga baunya tidak sedikit pun menyerupai flavor ice cream tersebut.

My Life Arround Me Food Picture

My Life Arround Me Food Picture

Nah, saya jadi ingat ada cowok dulu suka sama saya, tapi mungkin karena saya tolak jadi dia ngomongnya gak keruan gini: “Maq, kamu itu cantik, sumpah, tapi taik kamu bau.” Wah, keterlaluan ya di tempat umum di cafe dia ngatain saya begitu. Jadi membalaslah saya dengan jawaban begini: “Eh, kalo bau wangi saya bisa jual di toko-toko dan dari dulu pasti kalo pagi mau jongkok pasti diantriin anjing, tauk!” Yah, itulah sekedar secuil kisah tak masuk akal di masa muda yang terselip yang masih saya ingat mengenai bagian-bagian tubuh ini. Alhamdulilahsaya tidak kepahitan sama dia, buktinya kami ngakak waktu saling tukar info otak kami yang diasah bagaimana menjawab dengan tidak menyakitinya, khususnya dari pihak saya tentunya. Karena dia sendiri mungkin sudah sakit hati dengan penolakan saya. Sepertinya dia jadi pendeta atau guru entah, sudah ilang dia orang.

Balik ke poin kesehatan. Saya mulai makan sehat, banyak sayur dan buah. Buah saya paling suka: Rambutan, kelengkeng, mangga manis dan asem, apa lagi ya? Entahlah, saya bisa makan semua buah-buahan seperti duren, melon, semangka, pisang, jambu, duku, kedondong, pear, dll, tapi gak gitu nyari seperti buah-buah sebelumnya. Sesekali beli juga kalau pas liat di supermarket atau pinggir jalan. Sayuran saya suka siomak, kubis, toge, selada yang untuk caesar salad, terong, tomat, wortel, timun, apa saja! Cuman lucunya yang agak gak saya pilih adalah kentang. Saya suka, tapi kentang seperti tasteless gitu, jadi karena perut saya kecil dan sedikit isinya, kalau saya makan sudah ada nasi lalu di sup ada kentang lagi, saya pikir buang-buang tempat ya. Karena selain saya jarang makan, saya makannya sedikit, jadi saya maunya makan yang enak.

Fruit Bottle Picture

Fruit Bottle Picture

Oh, mengenai makan sedikit, saya akan tuliskan kenapa akhirnya tetap makannya sedikit tetapi tetap bisa BAB dengan baik dan sehat. Memang ini forum kesehatan, jadi saya mau bukakan tips kesehatan saya, dan mohon diingat bahwa saya tidak memaksakan kesehatan saya untuk ditiru pembaca, selain jika menurut Saudara itu cocok untuk diaplikasikan ke tubuh Saudara, go ahead.

Waktu saya di Amerika, saya tersandung satu buku yang menurut saya luar biasa tapi tentunya again, tidak harus diikuti oleh semua orang. Gini ya, saya akan memberi introduction umum sebelum masuk ke pembahasan mengenai buku tersebut. Pola makan umum adalah: breakfast itu SANGAT AMAT PENTING. That’s okay, you can say that, like what common people and doctors believe that tidur di bawah jam 11 malam also is important,karena ada pembuangan racun-racun dalam tubuh yang terjadi pada waktu kita tidur di pukul 11 sampai 2 pagi. Sebab jika tidur larut malam maka tubuh rusak dan penampilan tua. True and not true.

Saya adalah orang yang tidak melakukan kedua hal “baik” tersebut. Saya menyalahi aturan umum dan universalmaybe, but I stay healthy and look young. (Ini dibagi menjadi beberapa pembahasan dalam FMH, karena banyak poin-poin yang harus kita bahas bersama, dan saya minta masukan Saudara). Tapi karena ini kisah saya, jadi silakan Maq mengemukakan pendapatnya dan kami pembaca tidak harus percaya apalagi menirunya. That’s okay, I agree that we all have our own systems and no need to even always follow some experts, you know. You are free to have your own freedom in some areas or all except Bible’s principles.

Nah, dalam buku yang menurut saya bagus dan akhirnya menuntun pola makan saya sepanjang bertahun-tahun puluhan tahun tersebut garis besarnya begini (mungkin saya pernah menulisnya di somewhere mungkin FMH jadul juga). Penulisnya adalah kakek berusia 80-92, tapi masih fit seperti umur 50an, dan pengikutnya bersepeda dan foto bareng juga umurnya sekitar itu tapi mereka kelihatan sehat dan sangat fit. Rahasianya? Berikut ini:

Beliau tidak makan pagi bin menghindari breakfast (BF). Mengapa? Karena menurutnya saat pagi hari seperti habis full charge battery, dia siap kerja apa saja dengan semangat. Tetapi jika BF, maka lambung dan semua organ perut akan bekerja dan proses digestionnya memakan waktu 1,5-2 jam, yang membuat mengantuk, akhirnya menjadikan tubuh tidak fit di pagi hari.

Untuk mengatasi kelaparan, dia banyak minum air putih dan air hangat di pagi hari, lalu jika sekitar pukul 10-11 lapar, maka camilannya hanyalah buah. Sesudah itu siang dan malam ia bebas makan.
Tetapi, tiap minggu dia berpuasa 24 jam. Setiap sebulan dia akan melakukan detox dengan cara hanya makan buah-buahan atau sayuran 1 jenis yang ia pilih untuk detox. Misalnya brocolli, maka ia akan merebusnya, menjusnya, membuat salad, dll, tapi hanya dengan bahan brocolli selama 3 hari. Itu caranya detox sebulan sekali, di akhir bulan selama 3 hari. Lalu tiap 3 bulan dia berpuasa hanya minum air kalau tidak salah selama 3 hari juga atau seminggu, saya sudah lupa. Pokoknya dia bilang dia hanya makan sedikit saja jika total dihitung.

Lalu dia dan pengikutnya mengadakan penelitian dengan anak-anak muda untuk naik sepeda sepanjang sekian kilometer. Di tiap beberapa kilo disiapkan booth yang menyajikan makanan kecil atau chips dan snacks apa saja, minuman bersoda dan apa saja. Tetapi opa-opa ini hanya minum air hangat saja dan bawa botol air di sepedanya sepanjang beberapa puluh km. Banyak anak-anak muda berhenti dan makan asupan yang mereka pikir sehat,chips potato dan minum soda. Belum sampai di tengah beberapa mereka pingsan dan banyak yang menyerah, tapi para opa sehat ini lanjut sampai garis final.

Rupanya prinsipnya ini nyantol di kepala saya tahunan dan saya melakukannya tidak tepat sepertinya, tetapi saya hampir tidak pernah sarapan. Saya tidak menganjurkan kepada pembaca untuk menghindari sarapan, sebab kebutuhan dan proses pencernaan kita berbeda-beda, ada yang tidak mengantuk walau makan 2kg nasi di pagi hari, ada yang memang kalau pagi olah raga berat sehingga harus diisi makanan paling tidak sayur dan buah di pagi hari, atau oatmeal, that’s fine, you know. Jadi jangan sampai pola ini mempengaruhi hidup Saudara. Tapi jika mau dicoba, kenapa tidak memulai hidup sehat dengan cara yang berbeda jika selama ini Saudara mengantuk di belakang meja dan tidak tahu penyebabnya apa….

Baiklah, minggu depan saya akan lanjut dengan topik vitamins. Stay healthy ya friendz….