Bicara soal reliable yang sehubungan dengan pembahasan Pemenuhan Pencapaian Visi, kali ini saya menyajikan BUAH sebagai pilihan saya. Mangga Thailand ini nampaknya hijau, muda, mengkel, tapi gak asem. Kalau Saudara ke toko buah Total atau All Fresh, Saudara akan menemui mangga ini berjajar sempurna, mirip, gak bonyok, dijamin pasti gak asem. Carinya gak harus yang empuk, sebab kalau udah empuk mungkin malah busuk atau udah kelamaan. Justru mangga ini enak karena dia keras tapi gak asem, rasanya gurih… entahlah bagaimana membahasakan rasanya.

Mangga ThailandBangkok atau Thailand tahu bagaimana mempertahankan mutu; mangga ini sepanjang masa bisa dipercaya, tidak berubah, tidak moody. Tidak musiman, tidak penyok, bantet, pendek atau gemuk – tapi tetap panjang, langsing. Warnanya selalu hijaunya sama, tidak kekuningan, kadang ada merahnya atau bulukan kena pukul. Dia stabil dan bisa di-count on.

Mengkaitkan dengan reliability, jika kita mau dipercaya orang, pasangan, teman, client, jemaat, murid, negara, president, kita harus reliable – gak berubah, gak mood-mood-an, wajahnya selalu sama, gak nyebelin, gak pasang muka busuk.

If you have time to go to super market and have few extra money, go and grab two or three for the family. I recommend you my choice, Thai mango.

By the way, if you are lucky enough, you can get Mangga Bondowoso yang mirip seperti ini dan rasanya pun persis sama. Hanya entahlah dia munculnya gak bisa ditebak dan tidak selalu nongkrong di toko buah kesayangan. Tapi, I was surprise to know that Bondowoso, selain produced someone like me… hehe,…producing Thai-like-mango, too!